Skip to main content

Menuju Surabaya Berbunga & Berlangit Biru


Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini saat memberikan pengarahan kepada 174 fasilitator lingkungan pada Pelatihan Lingkungan Bebas Sampah&Polusi Menuju Surabaya Berbunga Berlabgit Biru di Graha Sawunggaling, Lantai 6 Kantor Pemerintah Kota Surabaya.

1 Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya

SAMBUTAN PADA PEMBUKAAN WORKSHOP LINGKUNGAN BEBAS SAMPAH DAN POLUSI MENUJU SURABAYA BERBUNGA BERLANGIT BIRU TANGGAL 1 NOVEMBER 2011 ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB. YANG SAYA HORMATI :
- PARA KEPALA BADAN / DINAS / INSTANSI / BAGIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA ;
- PARA CAMAT DAN LURAH SE-KOTA SURABAYA ;
- PIMPINAN REDAKSI HARIAN JAWA POS ;
- PARA PESERTA, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.
MENGAWALI KEGIATAN INI, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA DENGAN RAHMAT DAN RIDHONYA KITA MASIH DIBERI KESEHATAN, SEHINGGA DAPAT HADIR PADA PEMBUKAAN WORKSHOP LINGKUNGAN BEBAS SAMPAH DAN POLUSI MENUJU SURABAYA BERBUNGA BERLANGIT BIRU YANG TERSELENGGARA ATAS KERJASAMA PEMERINTAH KOTA SURABAYA DENGAN HARIAN JAWA POS. ATAS NAMA PEMERINTAH KOTA SURABAYA SAYA UCAPKAN “SELAMAT DATANG” DAN “TERIMA KASIH” ATAS KEHADIRAN SERTA PARTISIPASI SELURUH PESERTA PADA PELAKSANAAN WORKSHOP INI, SEMOGA DAPAT TERSELENGGARA DENGAN SUKSES DAN DIPEROLEH HASIL YANG MAKSIMAL. MUDAH-MUDAHAN PROGRAM LINGKUNGAN DI KOTA SURABAYA TERUS MENINGKAT, SEJALAN DENGAN PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI, DAN TERBENTUKNYA PARA KADER LINGKUNGAN DI KOTA SURABAYA.

2 Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya

BAPAK, IBU DAN SAUDARA SEKALIAN, KITA KETAHUI BERSAMA, DULU SURABAYA DIKENAL SEBAGAI KOTA YANG PANAS DAN KERING, NAMUN BERKAT KEPEDULIAN WARGA TERHADAP LINGKUNGAN, SERTA PARTISIPASI WARGA PADA PROGRAM “SURABAYA GREEN AND CLEAN” YANG TELAH MENJADI IKON DAN MELEKAT DENGAN PROGRAM LINGKUNGAN SURABAYA. KINI SURABAYA MENUJU KOTA BUNGA, BERSIH, HIJAU, SEHAT PLUS TABURAN NILAI ESTETIS DARI WARNA-WARNI BUNGA TERSEBAR DI PELOSOK-PELOSOK PENJURU KOTA, SUDUT-SUDUT KAMPUNG DAN TAMAN KOTA. SAAT INI KOTA SURABAYA SEMAKIN HIJAU DAN TUMBUH BUNGA BERWARNA-WARNI YANG MEMPERCANTIKNYA. SAATNYA SURABAYA MENJADI KOTA BUNGA, SEHINGGA PREDIKAT KOTA BUNGA TIDAK SAJA DISANDANG KOTA BANDUNG DAN KOTA BATU MALANG, TETAPI SUDAH SELAYAKNYA GELAR KOTA BUNGA JUGA DISANDANG SURABAYA. AKTUALISASI HIJAU DAN BERBUNGA TELAH DITAMPILKAN MELALUI PERWUJUDAN PROGRAM SURABAYA BERBUNGA, YANG MENYATUKAN ANTARA PROGRAM LINGKUNGAN BEBAS SAMPAH DENGAN PROGRAM PENGHIJAUAN DAN BEBAS POLUSI. INI MEMANG BUKAN KERJA RINGAN, NAMUN BUKAN TIDAK MUNGKIN. KARENA ITU, UNTUK MEWUJUDKANNYA DIBUTUHKAN KERJA KERAS DAN IKHLAS. KITA HARUS YAKIN, KITA DAPAT MELAKUKANNYA. SAYA BERHARAP MELALUI WORKSHOP INI DAPAT MENINGKATKAN SEMANGAT DAN MEMBERIKAN RUANG APRESIASI KEPADA MASYARAKAT. KARENA PERAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT, SANGAT BERPENGARUH BESAR TERHADAP SEGALA PERUBAHAN DAN PENINGKATAN DI KOTA INI, KHUSUSNYA KUALITAS LINGKUNGAN. BAPAK, IBU DAN HADIRIN SEKALIAN,
PERLU SAYA SAMPAIKAN BAHWA, BERBAGAI CAPAIAN DALAM MENGHIJAUKAN KOTA SURABAYA TELAH DIRAIH. KOTA SURABAYA,

3 Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya

KERAPKALI MENDAPAT PENGHARGAAN DI BIDANG LINGKUNGAN. INILAH PRESTASI DARI KERJA KERAS KITA SEMUA DAN SELURUH WARGA KOTA. APRESIASI TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN SURABAYA, TIDAK HANYA DARI TINGKAT NASIONAL, NAMUN JUGA INTERNASIONAL. ADIPURA, SELALU DIPEROLEH KOTA SURABAYA SETIAP TAHUN. ADA JUGA PENGHARGAAN DUNIA INTERNASIONAL, DIANTARANYA ENERGY GLOBE AWARD, GREEN APPLE DAN MDGS AWARD DARI METRO TV. SEDANGKAN PADA TAHUN 2009 MEMPEROLEH PENGHARGAAN BEST PRACTICE DARI THE DUBAI INTERNATIONAL AWARDS FOR BEST PRACTICE (DIABP) YANG BEKERJA SAMA DENGAN UNITED NATIONS HUMAN SETTLEMENTS PROGRAMME (UN-HABITAT). MELALUI PROGRAM SURABAYA GREEN AND CLEAN, PEMKOT SURABAYA DINILAI BERHASIL MENJAGA KEBERSIHAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN, SEHINGGA LAYAK MENDAPAT PENGHARGAAN INI. PADA TAHUN 2011 INI KEMBALI KOTA SURABAYA MEMPEROLEH PENGHARGAAN ADIPURA, SERTA PENGHARGAAN SEBAGAI KOTA TERBERSIH DI INDONESIA DAN KAWASAN ASIA TENGGARA. PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI PERKENANKAN SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA SELURUH MASYARAKAT SURABAYA ATAS DUKUNGAN DAN PARTISIPASINYA, TERUTAMA KEPADA PARA KADER LINGKUNGAN SAYA MENARUH APRESIASI TINGGI, KARENA TIDAK HENTI-HENTINYA MENDAMPINGI WARGA DALAM PENGOLAHAN SAMPAH. MELALUI KADER LINGKUNGAN, WARGA DAN PEMERINTAH KOTA DAPAT BERSINERGI DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM LINGKUNGAN. PERAN KADER BENAR-BENAR TELAH MENJADI AGENT OF CHANGE MENINGKATNYA KUALITAS LINGKUNGAN SURABAYA DARI WAKTU KE WAKTU. SAYA BERHARAP KADER LINGKUNGAN SEMAKIN CERDAS DALAM MENGAJAK WARGA DI WILAYAHNYA UNTUK PERBAIKAN LINGKUNGAN. KARENA KADER-KADER LINGKUNGAN, MENJADI UJUNG TOMBAK DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KOMUNITAS.

4 Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya

MELALUI KADER LINGKUNGAN ITULAH PEMERINTAH KOTA SURABAYA MENSOSIALISASIKAN TENTANG SAMPAH. SALAH SATU WUJUD NYATANYA ADALAH DENGAN DIBANGUNNYA 14 RUMAH KOMPOS DI SURABAYA. SEHINGGA SAMPAH-SAMPAH YANG DIHASILKAN DAPAT DIOLAH SENDIRI DAN YANG DIBUANG KE TPA BISA DITEKAN VOLUMENYA. BAPAK, IBU DAN SAUDARA-SAUDARA YANG SAYA HORMATI, MEREDUKSI SAMPAH SECARA MANDIRI YANG DIMULAI DARI RUMAH TANGGA MEMANG LAYAK DILAKUKAN, MENGINGAT TPA BENOWO YANG MEMILIKI LAHAN KURANG LEBIH 37 HEKTAR ATAU 370.000 METER PERSEGI AKAN SEMAKIN TIDAK MAMPU MENAMPUNG SAMPAH DARI SELURUH PENJURU KOTA SURABAYA YANG DIPERKIRAKAN SEKITAR 1.200 TON SAMPAH SETIAP HARINYA. PERLU SAYA SAMPAIKAN WALAUPUN KITA MEMILIKI 1 (SATU) TPA DI BENOWO, PENGELOLAAN SAMPAH DI SURABAYA DARI TAHUN KE TAHUN MENGALAMI PENINGKATAN, YAKNI DENGAN MENEKAN VOLUME KIRIMAN SAMPAH SETIAP HARINYA DARI TPS DI SELURUH SURABAYA. DENGAN DEMIKIAN, JUMLAH VOLUME SAMPAH DI TPA BENOWO PER TAHUNNYA BISA MENURUN. SEBAGAI DATA, PADA TAHUN 2006 JUMLAH KIRIMAN SAMPAH DI TPA BENOWO SEKITAR 1.640 TON PER HARI . PADA TAHUN 2007 SEBANYAK 1.480 TON PER HARI, TAHUN 2008 SEBANYAK 1.258 TON PER HARI, TAHUN 2009 SEBANYAK 1.229 TON PER HARI. DAN PADA TAHUN 2010 SEBANYAK 1.241 TON PER HARI. HAL INI TENTUNYA TIDAK LEPAS DARI UPAYA DAN KERJASAMA DARI SEMUA PIHAK YANG TURUT MENJAGA DAN MEMBERIKAN KESADARAN AKAN PENTINGNYA KEBERSIHAN DI KOTA SURABAYA.
NAMUN, KITA TIDAK BOLEH BERPUAS DIRI. YANG PENTING KITA MAMPU MEWUJUDKAN KEGIATAN INI DENGAN KEBERSAMAAN. SEBAB, KEBERSAMAAN MERUPAKAN KATA KUNCI KESUKSESAN YANG KITA RAIH. BENTUK KEBERSAMAAN INI DAPAT DILIHAT DARI BANYAKNYA PIHAK YANG

5 Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya

BERKONTRIBUSI UNTUK MENJADIKAN SURABAYA LEBIH BERSIH, BERBUNGA DAN BERLANGIT BIRU. BAPAK, IBU DAN SAUDARA SEKALIAN, DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN,DENGAN MENGUCAP ”BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM” WORKSHOP LINGKUNGAN BEBAS SAMPAH DAN POLUSI MENUJU SURABAYA BERBUNGA BERLANGIT BIRU SECARA RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA DAN DAPAT DIMULAI. SEKIAN, TERIMA KASIH. WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB. SURABAYA, 1 NOVEMBER 2011 WALIKOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI

FORMAT BUKU TABUNGAN BANK SAMPAH

Comments

Popular posts from this blog

Punakawan ( Semar, Gareng, Bagong, Petruk )

Punakawan adalah karakter yang unik dan khas dalam pewayangan Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya memuat bermacam-macam peran seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritis sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. ya....merekalah Semar, Gareng Petruk, Bagong.
Karakter Punakawan ini memang tidak ada dalam versi asli mitologi Hindu epik Mahabarata dari India. Punakawan adalah modifikasi atas sistem penyebaran ajaran-ajaran Islam oleh Sunan Kalijogo dalam sejarah penyebarannya di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Walaupun sebenarnya pendapat ini pun masih diperdebatkan oleh banyak pihak.
Jika melihat ke biografi karakter-karakter Punakawan, mereka asalnya adalah orang-orang yang menjalani metamorfosis (perubahan karakter yang berangsur-angsur) hingga menjadi sosok yang sederhana namun memiliki kedalaman ilmu yang luar biasa.

Semar ( Sang Bapak )

Semar merupakan pusat dari punakawan sendiri dan asal usul dari keseluruhan punakawan itu sendiri. …

Tuhan Terlalu Cepat Semua ...* 10 - 02 - 2010

Tuhan terlalu cepat Kau panggil dia, seorang yang selalu ada untuk q, seorang yang gag pernah membuat q bersedih, seorang sahabat yang dewasa dan selalu bisa mengerti keadaan q.
rasanya baru kemarin aq bercanda denganmu kawan, baru beberapa hari yang lalu rasanya aq dengar suaramu, tapi semua itu gag kan lagi q temui di dunia ini.
kawan, kini kau telah tiada lagi di dunia ini, aq rindu tawa mu kawan, aq rindu nasihatmu.

Semoga kau mendapat tempat terindah disisi-Nya.
hanya mengingat kenangan indah bersamamu yang mampu q lakukan, bersama tetesan air mata yang gag pernah terlewatkan saat aq mengenang masa masa bersamamu.
selamat jalan sobat q, semoga damai hidup keduamu disana,,,

Kawanku, ingin rasanya kutaburi bunga di tempat peristirahatanmu
Tapi apalah daya kawan, jarak inilah yang membuat anganku itu tertunda..
dan hanya doa yang bisa kupanjatkan pada-Nya….

Kawanku, kini saatnya aku bertanya pada Tuhanku,
Kenapa orang baik sepertimu begitu cepat meniggalkan keramaian hidup?
Apakah …

Cerita Dibalik Lagu WILLy Babeh Iwan Fals

Lagu ini memang sering saya putar akhir-akhir ini, bertahun-tahun mendengar lagu ini baru kali ini saya mencermati liriknya. Sempat bertanya-tanya siapa willy yang dimaksud dalam lagu ini. Apa hubungannya dengan, anjing liar, kuda binal dan mata elang??
Setelah coba nanya di beberapa forum terjawab sudah rasa penasaranku.
Willy adalah nama panggilan untuk penyair terkenal Indonesia Willibrordus Surendra Broto Rendra yang lebih kita kenal dengan WS. Rendra. Dalam lagu ini Iwan Fals seperti kehilangan figur seorang Rendra. Ia bertanya dimanakah gerangan dirinya yang dulu, dimana lantang suaranya.
Pada masa itu, Rendra sedang mengasingkan diri entah dimana sebab dikabarkan dia mendapat ancaman dari pemerintah untuk menghentikan membuat karya puisi yang menyindir pemerintah saat itu. Rendra adalah sahabat Iwan Fals, wajar bila Iwan merasa kehilangan seorang yang sejalan pemikiran dengannya walau lewat media yang berbeda.
Sebenarnya W.S. Rendra sendiri bergelar Burung Merak namun Iwan Fals…