Skip to main content

SUMPAH PEMUDA DI TAHUN 2012

Selamat sore kawan-kawan Di Seluruhg Nusantara. ingat gag kemarin tanggal berapa ??
yaappz..benar sekali kalau anda sekalian menjawab tanggal 28 Oktober 2012. Tapi masih ingatkah anda, ada apa di tanggal itu ??
mungkin tak bnyak orang yang mengingat Peristiwa penting di tanggal itu.
hanya sebagian kecil yang mau memperingati hari itu. Yaa SUMPAH PEMUDA tepatnya peristiwa yang saya maksud.
Masih adakah semangat SUMPAH PEMUDA dalam jiwa Pemuda Indonesia DI Tahun 2012 ini ???

gambar rusakSemangat sumpah pemuda masih ada dalam jiwa - jiwa pemuda indonesia di tahun 2012. Seiring berkembangnya zaman, maka semangat sumpah pemuda itu juga berubah bentuknya. Bila dahulu kakek - kakek kita mengikrarkan sumpah pemuda untuk bersatu melawan penjajah, kini pemuda indonesia berperang melawan korupsi dan ketidak adilan yang terjadi di indonesia.


84 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 pemuda indonesia yang diwakili oleh perhimpunan pelajar pelajar indonesia (PPPI) mengadakan kongres pemuda. Panitia kongres sudah terbentuk sejak tahun 1926. Berbagai pertemuan sudah dilakukan pada tahun 1927 namun belum ada hasil yang berarti dari semua pertemuan tersebut. Hingga tanggal 27 Oktober 1928 di lakukan kongres pemuda yang pertama. Pada pertemuan ini juga belum membuahkan hasil atau tujuan yang jelas. Hingga kongres p emuda yang kedua tanggal 28 Oktober 1928 barulah di hasilkan ikrar sumpah pemuda indonesia. Rumusan ini dibuat oleh bapak Moehammad Yamin yang di sodorkan ke bapak Soegondo sambil berbisik menggunakan bahasa belanda Ik heb een
eleganter formulering voor de resolutie
yang artinya saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini. Bapak Soegondo menyetujuinya dengan membubuhi tanda tangannya di secarik kertas tersebut. Dan rumusan tersebut yang kita kenal sekarang ini dengan sumpah pemuda.


Isi dari sumpah pemuda yang perlu selalu kita tanamkan ke dalam hati seluruh pemuda indonesia adalah sebagai berikut:

Pertama

Kami putra dan putri
Indonesia, mengaku
bertumpah darah yang
satu, tanah air Indonesia.

Kedua


Kami putra dan putri
Indonesia, mengaku
berbangsa yang satu,
bangs a Indonesia.

Ketiga


Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung
bahasa persatuan, bahasa
Indonesia.



Itu hanyalah tiga buah ikrar yang kelihatan sederhana, namun memiliki makna yang sangat universal sehingga mampu menjadi penyemangat para pemuda indonesia pada saat itu. Sumpah pemuda pula yang menjadi salah cikal bakal proses kemerdekaan indonesia 17 Agustus 1945.


Kita tinggalkan sejenak masa lalu, hal penting yang perlu dilakukan pemuda indonesia di tahun 2012 ini adalah tetap menanamkan tiga sumpah pemuda tersebut dengan tetap bersatu melawan korupsi, aktif melawan ketidak adilan dan juga meningkatkan cara berpikir yang lebih edukatif tanpa harus bertindak anarki.


    Semangat pemuda adalah semangat yang sangat besar. Hingga presiden pertama kita bapak   
    Ir. Soekarno pernah mengatakan seperti ini beri aku 10 pemuda, kan ku guncangkan dunia

Comments

Popular posts from this blog

Punakawan ( Semar, Gareng, Bagong, Petruk )

Punakawan adalah karakter yang unik dan khas dalam pewayangan Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya memuat bermacam-macam peran seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritis sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. ya....merekalah Semar, Gareng Petruk, Bagong.
Karakter Punakawan ini memang tidak ada dalam versi asli mitologi Hindu epik Mahabarata dari India. Punakawan adalah modifikasi atas sistem penyebaran ajaran-ajaran Islam oleh Sunan Kalijogo dalam sejarah penyebarannya di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Walaupun sebenarnya pendapat ini pun masih diperdebatkan oleh banyak pihak.
Jika melihat ke biografi karakter-karakter Punakawan, mereka asalnya adalah orang-orang yang menjalani metamorfosis (perubahan karakter yang berangsur-angsur) hingga menjadi sosok yang sederhana namun memiliki kedalaman ilmu yang luar biasa.

Semar ( Sang Bapak )

Semar merupakan pusat dari punakawan sendiri dan asal usul dari keseluruhan punakawan itu sendiri. …

Tuhan Terlalu Cepat Semua ...* 10 - 02 - 2010

Tuhan terlalu cepat Kau panggil dia, seorang yang selalu ada untuk q, seorang yang gag pernah membuat q bersedih, seorang sahabat yang dewasa dan selalu bisa mengerti keadaan q.
rasanya baru kemarin aq bercanda denganmu kawan, baru beberapa hari yang lalu rasanya aq dengar suaramu, tapi semua itu gag kan lagi q temui di dunia ini.
kawan, kini kau telah tiada lagi di dunia ini, aq rindu tawa mu kawan, aq rindu nasihatmu.

Semoga kau mendapat tempat terindah disisi-Nya.
hanya mengingat kenangan indah bersamamu yang mampu q lakukan, bersama tetesan air mata yang gag pernah terlewatkan saat aq mengenang masa masa bersamamu.
selamat jalan sobat q, semoga damai hidup keduamu disana,,,

Kawanku, ingin rasanya kutaburi bunga di tempat peristirahatanmu
Tapi apalah daya kawan, jarak inilah yang membuat anganku itu tertunda..
dan hanya doa yang bisa kupanjatkan pada-Nya….

Kawanku, kini saatnya aku bertanya pada Tuhanku,
Kenapa orang baik sepertimu begitu cepat meniggalkan keramaian hidup?
Apakah …

Cerita Dibalik Lagu WILLy Babeh Iwan Fals

Lagu ini memang sering saya putar akhir-akhir ini, bertahun-tahun mendengar lagu ini baru kali ini saya mencermati liriknya. Sempat bertanya-tanya siapa willy yang dimaksud dalam lagu ini. Apa hubungannya dengan, anjing liar, kuda binal dan mata elang??
Setelah coba nanya di beberapa forum terjawab sudah rasa penasaranku.
Willy adalah nama panggilan untuk penyair terkenal Indonesia Willibrordus Surendra Broto Rendra yang lebih kita kenal dengan WS. Rendra. Dalam lagu ini Iwan Fals seperti kehilangan figur seorang Rendra. Ia bertanya dimanakah gerangan dirinya yang dulu, dimana lantang suaranya.
Pada masa itu, Rendra sedang mengasingkan diri entah dimana sebab dikabarkan dia mendapat ancaman dari pemerintah untuk menghentikan membuat karya puisi yang menyindir pemerintah saat itu. Rendra adalah sahabat Iwan Fals, wajar bila Iwan merasa kehilangan seorang yang sejalan pemikiran dengannya walau lewat media yang berbeda.
Sebenarnya W.S. Rendra sendiri bergelar Burung Merak namun Iwan Fals…