Skip to main content

Posts

Showing posts from 2014

Cerita Dibalik Lagu WILLy Babeh Iwan Fals

Lagu ini memang sering saya putar akhir-akhir ini, bertahun-tahun mendengar lagu ini baru kali ini saya mencermati liriknya. Sempat bertanya-tanya siapa willy yang dimaksud dalam lagu ini. Apa hubungannya dengan, anjing liar, kuda binal dan mata elang??
Setelah coba nanya di beberapa forum terjawab sudah rasa penasaranku.
Willy adalah nama panggilan untuk penyair terkenal Indonesia Willibrordus Surendra Broto Rendra yang lebih kita kenal dengan WS. Rendra. Dalam lagu ini Iwan Fals seperti kehilangan figur seorang Rendra. Ia bertanya dimanakah gerangan dirinya yang dulu, dimana lantang suaranya.
Pada masa itu, Rendra sedang mengasingkan diri entah dimana sebab dikabarkan dia mendapat ancaman dari pemerintah untuk menghentikan membuat karya puisi yang menyindir pemerintah saat itu. Rendra adalah sahabat Iwan Fals, wajar bila Iwan merasa kehilangan seorang yang sejalan pemikiran dengannya walau lewat media yang berbeda.
Sebenarnya W.S. Rendra sendiri bergelar Burung Merak namun Iwan Fals…

Mengenang 1 Dekade Tsunami Aceh

26 Desember 2014, tangis nusantara terdengar hingar, gempa berskala 8,5 skala richter mengguncang dasar samudra hindia menyebabkan tsunami yang menyapu sebagian Banda Aceh.
10 tahun silam, yang saya ingat adalah semangat kegigihan orang-orang yang mencari keluarganya yang masih hidup, tangis ribuan jiwa di sisa puing rumah mereka yang disapu ombak Dan ribuan jasat tanpa nyawa berbaur dengan sampah dan puing yang berserakan.
Banyak yang bilang untuk mengembalikan Aceh sampai tahap normal diperlukan 20th.Tapi ternyata dlm 10th Aceh sdh bangkit.
Bumi Serambi Mekkah ini perlahan bangkit dan kembali menata kotanya secantik mungkin. Sebagai ungkapan terima kasih atas segala bantuan dari berbagai pihak.
Tsunami Aceh yang menyedihkan telah berlalu selama sepuluh tahun . Puing - puing dan korban jiwa yang berserakan kini abadi sebagai kenangan , cerita , dan benda- benda peninggalan bersejarah di dalam sebuah kawasan wisata. Daya tarik yang dilahirkan di sini bukan hanya mengabadikan saksi sej…

Ikat Pinggang Tali Sepatu ( Shoelace Belt )

Selamat malam berroo.. Bay nde wei seumpama sampean lihat orang atau anak muda pakai ikat pinggang tali sepatu, apa yang anda pikirkan??
Mungkin banyak orang mengira mereka itu orang nggak jelas atau sempel mingkin. Jangan salah..
Mereka yang melakukan hal ini adalah kelompok skateboarder, alasan mereka melakukannya adalah bukan karena fashion, melainkan lebih sesuatu yang fungsional dan alasan yang rasional serta fungsi fashion.
Termasuk saya juga, bukan karena ingin dibilang anak skate atau hardcore Family. Saya pribadi penggila Iwan Fals dan Slank jadi sering menghadiri konser-konser mereka di luar kota. Pengalaman saya setiap memasuki area konser selalu dilakukan pemeriksaan, tak jarang ikat pinggang pun disita sementara. Nah dari pengalaman ini saya tidak sengaja lihat foto teman-teman di facebook menggunakan tali sepatu sebagai ikat pinggang. Saya coba browsing ternyata subkultural ini memang sudah lama ada.
Mereka menggunakan tali sepatu sebagai ikat pinggang lebih karena fakt…

Suara Hati Slanker Menjelang HUT 31 Slank

Siapa siih yang nggak kenal slank?? Band papan atas yang satu ini memang punya ciri khas tersendiri slenge'an apa adanya sederhana.
yaa memang itu yang saya kagumi dari slank. Mungkin bukan hanya saya, semua slanker di tata surya ini juga mengagumi slank karena prinsip itu. Sejak SMP saya sangat mengidolakan slank bahkan sampai saat ini pun jiwa slanker saya masih begitu melekat meski akhir-akhir ini banyak dari slanker yang mencerca slank gara-gara slank terjun kedunia politik.
Bahkan banyak slanker yang terang-terangan menghujat slank di media sosial atau forum-forum dunia maya.
saya rasa itu wujud kekecewaan mereka terhadap slank.
Saya pribadi juga kecewa dengan slank kemana slank yang dulu??
slank yang kritis.. slank yang selalu mengkritik pemerintah?!Yang saya sesalkan dari Slank sepeninggal Pay dkk adalah, kenapa yang berubah tidak hanya warna musiknya tapi juga kwalitas musiknya. Lagu ciptaan mereka sudah sangat jauh berubah kwalitasnya dari lagu-lagu ciptaan mereka sebelum…

1 Desember (Hari AIDS Sedunia)

Teman2 pastinya udah tau dong kalo setiap tanggal 1 Desember di peringati sebagai hari AIDS sedunia?
Hari AIDS Sedunia diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Mengapa diperingati pada tanggal tersebut? Apakah karena memang AIDS diidentifikasi pertama kali pada 1 Desember? Ide peringatan Hari AIDS bermula dari Thomas Netter dan James Dunn, yang bekerja di bagian informasi Program Global untuk AIDS Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) di Jenewa, Swiss. Pada bulan Agustus 1987, mereka berdua mencetuskan ide untuk menetapkan satu hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia atas pandemik AIDS. Mereka kemudian mengajukan ide tersebut kepada Jonathan Mann, Direktur Program Global, yang kini dikenal sebagai UNAIDS. Mann menyetujui ide itu, dan kemudian memutuskan 1 Desember 1988 sebagai awal peringatan tahunan atas AIDS. Mengapa tanggal 1 Desember yang dipilih? Tanggal itu dipilih karena p…

Wujudkan Bojonegoro Bersinar (Bersih, Sehat, Indah Dan Rapi) 2015 Mulai Dari Lingkungan Terdekat Kita

November 2014, tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2014, beberapa bulan lagi kita sudah memasuki tahun baru 2015. Tentunya terbersit harapan-harapan baru ditahun yang akan datang. Sebagian warga mungkin mendambakan lingkungan yang lebih bersih dan rapi. Memang tidak mudah untuk menciptakan lingkungan bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat atau pun ditinggali. Kesadaran tiap individu sangat dibutuhkan demi terciptanya hal ini.
Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan jika lingkungan kita bersih dan rapi, salah satunya adalah untuk kesehatan. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari sumber-sumber penyakit yang akan berkembang disekitar kita. Jadi memang sudah selayaknya kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Banyak cara untuk menumbuhkan kesadaran diri untuk peduli lingkungan. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi dan kegiatan pelestarian lingkungan.


Beberapa bulan terakhir ini memang terlihat sekali semangat warga seki…

Orang Pintar Tarik Subsidi (BBM) Anak Negri Kurang Gizi

Presiden Jokowi menetapkan harga baru BBM yang akan berlaku pada pukul 00.00 WIB terhitung sejak tanggal 18 November 2014.
Jokowi menyebutkan besaran kenaikan harga BBM subsidi yang terdiri dari premium dan solar.
"Harga premium ditetapkan dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500. Harga solar ditetapkan dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500,Berkait dengan penaikan harga BBM yang ia lakukan itu Jokowi mengakui bahwa kebijakan itu merupakan kebijakan yang berat sebagai sebuah bangsa.Pernyataan semacam itu, menurutku, bukan saja klise, namun juga hampa. Dulu presiden terdahulu juga bilang begitu,  Anehnya sudah tahu 'berat' kok ya diulang-ulang dan tanpa lebih dulu menempuh upaya lain.
Orang-orang pinter di lingkungan istana atau kementrian itu, juga para pakar, pemikir, pengamat dan embuh pe.. pe.. apa lagi lainnya, sebenarnya pada ngapain dengan berbagai pe... pe... yang menjadi predikatnya itu? Pilihan 'berat' kok selalu dijadikan pilihan tunggal! Pengalihan alokasi dana yang mest…

Sekilas Tentang Pojok Kampungku

Disini di tanah ini aku dilahirkan, di tanah ini pula aku belajar dan menjalani episode demi episode kehidupanku. Sekilas mungkin tak ada yang spesial dari kampung ini. 22 tahun sejak aku dilahirkan baru aku sadari keindahan itu, dan aku berharap aku masih bisa menikmati keindahan ini dalam waktu yang panjang.
Hampir setiap hari disela-sela hiruk pikuknya jam kerja dan kuliahku selalu kusempatkan untuk menikmati sunset di tanah ini. Meski mungkin tak seindah sunset di bali atau sunrise di puncak bromo tetap saja menjadi sesuatu yang menenangkan jiwa,
Duduk santai di tepi persawahan ditemani sebungkus rokok dan gadget low end ku ini sambil menikmati detik demi detik tenggelamnya sang surya, tenang, damai, terasa lepas semua beban. Pemandangan yang tak mungkin bisa kita temui di perkotaan.
Namun sebentar lagi tenang ini akan hilang, damai ini akan pergi. Tak lama lagi akan ada pembangunan besar-besaran di tanah ini. Mendengar berita dari beberapa warga tak lama lagi akan dilakukan perl…

Congratulation Kamu!!!

Sayang, Selamat ya atas wisudamu hari ini, aku ikut berbahagia untukmu. Maaf, aku tak pernah bisa menghadirkan sesuatu yang spesial dalam moment-moment spesial kamu. Aku hanya bisa melihat betapa bahagianya kamu saat ini lewat beberapa foto yang kamu kirim. Rasanya ingin ku teteskan airmata melihat senyum bahagiamu, tentunya airmata kebahagiaan buat kelulusan kamu. Andai aku bisa selalu disampingmu saat-saat spesial kamu. Sempat terbayangkan aku bisa memelukmu dan meluapkan kebahagiaan ini bersama kamu.

Aku ucapkan selamat untukmu sayang, selamat telah menyelesaikan satu lagi babak dalam episode hidup kamu. Dan sekarang kamu sudah menjadi sarjana, kamu sudah mendapatkan gelar yang kamu mau. Terima kasih telah menyertakan aku jadi bagian dalam kepingan-kepingan perjuanganmu.
Kemarin kamu becerita tentang rumitnya skripsimu, tentang betapa mendebarkannya ujian skripsimu. tapi semua itu telah terlewati. Hari ini berbahagialah, nikmati hari ini dengan caramu sayang.

Babak baru dalam hidup…

Iwan Fals Rilis Single Baru Untuk Palestina

Setelah kemari malam Musisi legendaris Iwan Fals hanya menerbitkan lirik dan chord, akhirnya Iwan Fals merilis single baru dengan judul PALESTINA. Mungkin Bang Iwan merasakan prihatin yang teramat hingga beliau membuat single baru untuk Gaza/Palestina.
Yang pengen denger lagu Palestina Bang Iwan silahkan klik disini
Mari kita ulas sedikit lirik lagu baru ini

Gaza..! 
Panggung setan paling tega. 
Gaza..! 
Tank dilempar batu. Perempuan pukuli serdadu. 
Jet tempur diketapel.

Lirik Palestina yg dibuat Bang Iwan dalem banget. Coba bayangin kawan-kawan, kekuatan kata-kata (TANK DILEMPAR BATU). Gimana jadinya coba?
Kemudian, coba tafakkur dalam-dalam (PEREMPUAN KECIL PUKUL SERDADU) . Bagaimana jadinya ini? Coba renungkan!
Dan terakhir, tmn-tmn coba dalami kata-kata (JET TEMPUR DIKETAPEL, BOM-BOM HARI-HARI). Sekali lagi, coba direnung!

Kalau kita lirik dari unsur sastra (balaghoh) mungkin kata-kata yg dipetik Iwan Fals biasa-biasa saja. Gak pake ungkapan kias berlebihan. Tapi, dari kata-kata fa…

10 Mei 2014

Hari ini sabtu 10 mei 2014 usia ku genap 22 tahun, dan baru kali ini aku merasakan perbedaan dibanding beberapa kali 10 mei yang sudah terlewati.
Memang tak ada kejutan tak ada perayaan ulang tahun seperti umumnya para kaula muda, tapi dengan banyaknya ucapan dan do'a yang aku terima dari orang tersayang dan beberapa sahabat aku sudah terharu dan merasa berbeda sekali.
Terima kasih sayank, terima kasih untuk semua perhatiannya, untuk do'a disetiap sholat kamu. Terima kasih juga buat sahabat-sahabat ku serta beberapa sahabat dari kekasihku, terima kasih atas do'a dan ucapannya. Semoga semua do'a dan harapan kalian semua dapa terkabul.
Terima kasih sayank,.
Terima kasih kawan..
Kalian lah semangatku..

PNS (Pengangguran Negeri Sipil)

Melihat anak-anak muda diujung gang, berkelompok tak ada yg dikerjakan selain mngeluh dan memanjakan diri, menikmati yang ada untuk hari ini, hari esok bagaimana besok mereka tak peduli.Mendengar orang2 pandai berdiskusi tentang kesempatan yang semakin sempit, tentang kemunafikan yg makin membelit tapi tetap saja, omongan hanya tinggal omongan. Ada yg harus kita kerjakan agar kehidupan berjalan dgn wajar..
PENGANGGURAN BUKAN BERARTI PEMALAS
Terus bergerak terus berkarya..!!
Tersenyumlah anak Bangsa :)

Catatan Hari Buruh Sedunia

Secara historis, may day adalah tonggak
kemenangan bagi kaum buruh dalam perjuangan menuntut pengurangan jam kerja dari 12-16 jam per hari menjadi 8 jam perhari, yang diraih melalui perjuangan panjang (Tahun 1886-1890an) yang begitu hebat dengan pengorbanan yang tidak akan pernah ternilai untuk membebaskan diri dari belenggu penindasan dan penghisapan imperialisme (kapitalisme monopoli) yang berlipat-lipat.
Sistem kapitalisme yang dimaksud, dimana
berlaku sebuah hubungan produksi yang dianggap timpang antara buruh dengan pemilik modal.
Bagi pemilik modal, buruh dianggap sama seperti bahan baku atau bahan mentah, upah bagi kaum buruh tidak ditetapkan berdasarkan pembagian keuntungan dari hasil produksi. Padahal, tanpa keberadaan buruh, mesin-mesin termasuk bahan baku yang ada di pabrik tidak akan berubah menjadi barang baru dan tidak pernah akan ada keuntungan disana.Beberapa tahun yang lalu saat saya masih duduk dibangku sekolah, saya hanya mengerti hari buruh lewat berita-berita di t…

Kritik Sosial Iwan Fals @Konser Suara Untuk Negeri Cimahi Bandung

Selain membacakan sebuah Puisi dan sebuah renungan untuk kita, Bang Iwan juga melontarkan beberapa kalimat kritik buat Pemerintah atau lebih umumnya untuk keadaan Nusantara saat ini.

Dunia ini memamng aneh
Gedung-gedung dibangun semakin tinggi tapi harga diri semakin rendah
Jalanan tambah lebar, tapi pemikiran semakin sempit
Sudah keliling dunia tetapi enggan menyapa tetangga
Dunia memang ironis
Tenaga ahli bertambah semakin banyak, tapi masalah bukan semakin berkurang
Obat-obatan semakin beragam, begitu pula dengan penyakitnya
Manusia kadang tak habis pikir, punya rumah yang megah tapi jarang ditinggali
Senang mendekatkan yang jauh, tapi justru menjauhkan yang dekat
Negeri ini Teu pararuguh (Nggak Jelas) , katnya pembela kebenaran, eeehh.. malah merampok uang rakyat
Katanya penegak hukum, laaahh... kog sekarang yang dihukum
Negri ini memang aneh, kaya
Kaya anehnya !!!

Yaa seperti itulah kurang lebihnya, bukan IWAN FALS namanya kalau tanpa kritikan.
Salam damai kawan OI dan Fals mania
DKSH

Kisah Renungan Untuk IBU Dari Iwan Fals @Konser Suara Untuk Negeri Cimahi Bandung

Sebelum mengalunkan tembang yang berjudul Ibu, Iwan Fals dengan suara khas nya membacakan sebuah kisah renungan untuk ibu, dalam kisah ini banyak sekali makna yang bisa kita ambil, meski singkat tapi cukup memberikan arti lebih untuk kita.

Alkisah, disuatu masa seorang ibu dan anaknya yang masih kecil, untuk hidup sehari-hari sang ibu membanting tulang dengan menganyam tikar, hasilnya tak banyak, tapi cukuplah untuk makan daripada sekedar mengemis.
Tahun demi tahun berlalu, sang putra pun tumbuuh menjadi pria dewasa, ada hari-hari dimana makanan yang tersedia hanya cukup untuk sang putra, ada masa-masa sang ibu harus tak tidur demi uang yang tak seberapa, ketika anaknya bertanya, sang ibu selalu berkata, "Ujang sudah merasa kenyang ? saya walau hanya melihat kamu kenyang dan saya sudah merasa bahagia walau hanya melihat senyum kecilmu".
Sayang, ia menyia-nyiakan nasehat ibunya, perangainya menjadi buruk, sering kali pulang dalam keadaan mabuk dan terluka, namun sang ibu selalu…

Sebait Puisi Pembuka Konser Suara Untuk Negri Cimahi Bandung

Konser Iwan Fals yang bertajuk Konser Suara Untuk Negri yang diselenggarakan di  Cimahi Bandung bersama Jamrud dan Gigi memang banyak melahirkan inspirasi dan juga semangat buat saya pribadi yang memang mengidolakan Bang Iwan sejak kelas 4 SD. Ada yang menarik di Konser kali ini, Bang Iwan membuka konser dengan sebait puisi yang entah siapa yang menciptakan, saya sendiri kurang tau, yang pasti suara khas Iwan Fals membuat suasana semakin hening.Pada alam yang indah
Pada langit yang mempesona
Kau tunjukkan wajah-Mu
Dengan begitu Kau ajarkan keindahan
Dan rasa syukurKemarin Kau luapkan air bah
Kau muntahkan perut bumi
Kau sebarkan debu
Sesungguhnya Kau tengah mengajarkan cinta
Agar ada rasa kasih walau tak saling kenal
Dan kini untuk alasan yang sama kita bersama
Bersatu atas nama cintaKalimat demi kalimat dalam puisi tersebut sangat menginspirasi, mengajarkan kita untuk tetap bersyukur disela cobaan dan kesedihan yang kita hadapi.
Mengajarkan kita untuk berpikir positif, dan yakin dibalik semua…

Untukmu Jiwa Labil Yang Selalu Menyalahkan Keadaan

Untuk panjenengan yg tak pernah mau tau rencana Tuhan, sadari dan percayalah setelah kegalauan dan kesedihan yg anda rasakan saat ini akan datang masa dimana anda akan tetap berbahagia bersama orang-orang terdekat anda.
Tak seharusnya sampean menyalahkan keadaan, apalagi sampai menyalahkan Tuhan.
Ingatlah semua yg telah anda lewati dari anda kecil, apakah semua berjalan mulus ?
Saya yakin tidak !!!
Anda hanya perlu bersabar dan berusaha terbiasa dengan posisi anda saat ini. Tak ada gunanya selalu menyalahkan keadaan, Ingatlah !!!
Allah selalu bersama orang-orang yang sabar

Celoteh Dini Hari

Terkadang, hingga detik ini aku masih melihat bayangnya disela-sela rintihan air mataku. Seorang Bocah yang duduk manis sambil membawa Gitar dan melantunkan lagu-lagunya, siapa dia ?
Tetapi terkadang bayangan itu lebih mirip seorang bocah dengan pakaian pramuka lengkap dengan hasduk dan kabaret cokelatnya.
Aku tak mengerti mengapa bayangan itu datang hanya saat aku menangis ?
Mungkinkah itu nyata ?
Atau mungkin hanya fatamorgana ?
Entahlah, tak pernah bisa ku terjemahkan bayangan itu. Kalau pun itu nyata adanya pasti dia adalah pribadi yang tangguh, tak kenal lelah serta tak mudah putus asa.
Tetaplah berjuang bocah, jangan pernah menyerah hanya karena keadaan, percayalah kebahagiaan telah menantimu dimasa yang akan datang.

Ternyata Banyak Yang Belum Mengerti Makna Demokrasi

"Sejatinya demokrasi dan hak asasi manusia bukanlah gagasan dan praktik yang lahir dari menara gading atau juga pemberian 'negara', tetapi tak lain dan tak bukan lahir dari praktik perlawanan terhadap segala bentuk penindasan dan penjajahan. praktik agung perjuangan rakyat" atau lebih mudahnya hak rakyat untuk memilih tanpa adanya paksaan atau pun kecurangan.
Seperti itu seharusnya demokrasi, tapi apa yang terjadi ? ternyata masih banyak yang belum mengerti makna dari demokrasi. masih banyak yang berpikiran kuno, suka memaksa dan tak mau tau hati nurani orang lain.
Belum lagi kecurangan yang sering terjadi, suap menyuap rakyat misalnya, itu cara yang dianggap paling ampuh, Segalanya memang butuh uang, tapi kemakmuran kita 5tahun kedepan tak cukup hanya dengan 100ribu. Gag ada salahnya kita sebagai rakyat mau menerima tapi ingat kita tetap punya hak untuk memilih, tak harus terpaku pada sumpah serapah demi uang..