Skip to main content

Wujudkan Bojonegoro Bersinar (Bersih, Sehat, Indah Dan Rapi) 2015 Mulai Dari Lingkungan Terdekat Kita




November 2014, tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2014, beberapa bulan lagi kita sudah memasuki tahun baru 2015. Tentunya terbersit harapan-harapan baru ditahun yang akan datang. Sebagian warga mungkin mendambakan lingkungan yang lebih bersih dan rapi. Memang tidak mudah untuk menciptakan lingkungan bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat atau pun ditinggali. Kesadaran tiap individu sangat dibutuhkan demi terciptanya hal ini.
Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan jika lingkungan kita bersih dan rapi, salah satunya adalah untuk kesehatan. Lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari sumber-sumber penyakit yang akan berkembang disekitar kita. Jadi memang sudah selayaknya kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Banyak cara untuk menumbuhkan kesadaran diri untuk peduli lingkungan. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi dan kegiatan pelestarian lingkungan.


Gb.1 Pondasi proyek MCK
Gb.2 Larangan buang sampah di sungai
Gb.3 Renovasi Pos Kamling
Gb.4 Renovasi Pos Kamling
Beberapa bulan terakhir ini memang terlihat sekali semangat warga sekitar rumahku untuk peduli terhadap lingkungan. Berawal dari lomba Gapura, Kebersihan Lingkungan dan lapangan olahraga yang diadakan beberapa waktu yang lalu, dan ternyata lingkungan RT ku menyapu bersih dua kategori diantaranya gapura dan kebersihan lingkungan. Rupanya hal ini menjadi suntikan semangat sebagian warga untuk tetap menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan, terbukti dengan adanya kegiatan-kegiatan kerja bakti yang hampir rutin dilakukan disela kesibukan warga merawat sawah masing-masing, kegiatan mereka meliputi merapikan rumput dan tanaman-tanaman dipinggir jalan dan membenahi sarana-sarana keamanan lingkungan seperti pos kamling misalnya. selain itu juga menyediakan tempat sampah disepanjang jalan poros desa, sayangnya belum ada pembedaan tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik. Dan baru-baru ini saya temui beberapa himbauan untuk tidak membuang sampah disungai dan selokan, mengingat sekarang sudah mulai musim penghujan langkah ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya bencana banjir, selain itu dengan dilakukannya pembangunan sarana MCK disudut desa, tapi sayangnya baru beberapa persen saja pembangunan ini harus terhenti, yaa seperti yang bisa kita lihat pada gambar dibawah, baru sampai pembuatan pondasi awal pembangunan ini harus terhenti karena faktor biaya, sehingga sampai saat ini belum bisa dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar, tapi setidaknya sudah ada langkah nyata dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar .

Hal ini  bisa dijadikan modal awal untuk mewujudkan program kerja Kang Yoto tahun depan yaitu "DESA CERDAS DAN SEHAT" Untuk mendukung program ini, perlu adanya sosialisasi dari pihak pemerintah, agar semakin banyak warga yang sadar akan pentingnya lingkungan bersih dan sehat. 
Mungkin akan lebih maksimal kalau dari pihak pemerintah kabupaten juga mendirikan semacam rumah kompos untuk pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos, cara ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani agar tetap bisa menjaga kesuburan tanah pertaniannya disamping penggunaan pupuk anjuran pemerintah yang sering kali susah didapat oleh petani. 
Selain rumah kompos, perlu juga didirikannya pusat daur ulang. Kedua langkah ini saya kira sangat berpengaruh untuk menekan volume sampah yang dibuang ke TPA. Daur ulang gelas dan botol plastik adalah salah satu proses menuju masyarakat yang kreatif dan produktif. Dengan mengirim plastik-plastik bekas tersebut ke pusat daur ulang jika memang tidak digunakan lagi, kita bisa mendapatkan uang tambahan, uang tersebut bisa kita manfaatkan untuk kepentingan bersama. Untuk membeli bunga-bunga hias atau bibit tanaman untuk penghijauan lingkungan sekitar kita. Mungkin anda adalah warga yang memiliki jiwa kreatif bisa juga anda manfaatkan sendiri sampah-sampah bekas tersebut untuk membuat kerajinan tangan sesuai tingkat kreatifitas masing-masing individu. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, juga bisa menciptakan lapangan kerja baru dikalangan pemuda-pemuda desa, tetapi untuk hal ini saya rasa banyak warga yang ragu, karena banyak pertimbangan-pertimbangan lain, seperti modal dan pemasaran dari produk-produk mereka. Kalau menurut saya pribadi langkah-langkah kreatif seperti ini sangat perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah, mungkin dengan dilakukannya pelatihan-pelatihan daur ulang, agar pruduk yang dihasilkan semakin bernilai dan laku di pasaran. 

Sebenarnya desa saya sendiri memiliki komoditi khas untuk bisa dikembangkan. "SALAK" mendengar nama buah ini tentu teman-teman semua langsung ingat desa wedi dan sekitarnya. Iyaa.. saya tinggal di Desa Tanjungharjo sebelah selatan dari Desa Wedi. 2 Desa ini sama-sama memiliki banyak sekali komoditi salak. Sayangnya sampai saat ini belum pernah ada warga kreatif yang mengolah salak menjadi sesuatu terobosan baru di pasaran Bojonegoro. Salak wedi memiliki kadar air yang lebih banyak dibanding salak pondoh atau salak Bali, selain itu rasanya juga lebih rame, ada manis, asam kadang sepet juga ada. dengan varian rasa yang lebih banyak seperti ini saya rasa salak wedi sangat berpotensi diolah menjadi sirup rasa salak atau sari salak misalnya, selama ini kan belum pernah ada tuuh sirup rasa salak:). Tetapi seperti yang sudah saya katakan diatas warga masih ragu untuk menjalankan langkah produktif ini, karena beberapa pertimbangan diatas, mungkin kalau ada peran serta dari Pemerintah pemikiran ini dapat segera terwujud.  

Semoga langkah dan rencana awal ini dapat dijadikan pemicu semangat warga masyarakat di desa-desa lain di Kabupaten Bojonegoro serta dapat menjadi pertimbangan pihak Pemkab demi terciptanya Bojonegoro Bersinar tahun 2015. Dengan demikian warga akan semakin sejahtera dan lingkungan tetap terjaga dengan baik. "Ingat, seribu langkah selalu dimulai dengan langkah pertama"

Comments

oktavia tirani said…
Program kreatif dari kang yoto ini sebaiknya di sosialisasikan mulai dari sekarang, setiap tahunnya perlu diadakan lomba kebersihan lingkungan agar semangat warga selalu terpompa.. mungkin bisa meniru cara walikota surabaya yang sudah sukses membawa perubahan di kota pahlawan.. :D

Popular posts from this blog

Punakawan ( Semar, Gareng, Bagong, Petruk )

Punakawan adalah karakter yang unik dan khas dalam pewayangan Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya memuat bermacam-macam peran seperti penasihat para ksatria, penghibur, kritis sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. ya....merekalah Semar, Gareng Petruk, Bagong.
Karakter Punakawan ini memang tidak ada dalam versi asli mitologi Hindu epik Mahabarata dari India. Punakawan adalah modifikasi atas sistem penyebaran ajaran-ajaran Islam oleh Sunan Kalijogo dalam sejarah penyebarannya di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Walaupun sebenarnya pendapat ini pun masih diperdebatkan oleh banyak pihak.
Jika melihat ke biografi karakter-karakter Punakawan, mereka asalnya adalah orang-orang yang menjalani metamorfosis (perubahan karakter yang berangsur-angsur) hingga menjadi sosok yang sederhana namun memiliki kedalaman ilmu yang luar biasa.

Semar ( Sang Bapak )

Semar merupakan pusat dari punakawan sendiri dan asal usul dari keseluruhan punakawan itu sendiri. Sem…

Tuhan Terlalu Cepat Semua ...* 10 - 02 - 2010

Tuhan terlalu cepat Kau panggil dia, seorang yang selalu ada untuk q, seorang yang gag pernah membuat q bersedih, seorang sahabat yang dewasa dan selalu bisa mengerti keadaan q.
rasanya baru kemarin aq bercanda denganmu kawan, baru beberapa hari yang lalu rasanya aq dengar suaramu, tapi semua itu gag kan lagi q temui di dunia ini.
kawan, kini kau telah tiada lagi di dunia ini, aq rindu tawa mu kawan, aq rindu nasihatmu.

Semoga kau mendapat tempat terindah disisi-Nya.
hanya mengingat kenangan indah bersamamu yang mampu q lakukan, bersama tetesan air mata yang gag pernah terlewatkan saat aq mengenang masa masa bersamamu.
selamat jalan sobat q, semoga damai hidup keduamu disana,,,

Kawanku, ingin rasanya kutaburi bunga di tempat peristirahatanmu
Tapi apalah daya kawan, jarak inilah yang membuat anganku itu tertunda..
dan hanya doa yang bisa kupanjatkan pada-Nya….

Kawanku, kini saatnya aku bertanya pada Tuhanku,
Kenapa orang baik sepertimu begitu cepat meniggalkan keramaian hidup?
Apakah …

Sebait Puisi Pembuka Konser Suara Untuk Negri Cimahi Bandung

Konser Iwan Fals yang bertajuk Konser Suara Untuk Negri yang diselenggarakan di  Cimahi Bandung bersama Jamrud dan Gigi memang banyak melahirkan inspirasi dan juga semangat buat saya pribadi yang memang mengidolakan Bang Iwan sejak kelas 4 SD. Ada yang menarik di Konser kali ini, Bang Iwan membuka konser dengan sebait puisi yang entah siapa yang menciptakan, saya sendiri kurang tau, yang pasti suara khas Iwan Fals membuat suasana semakin hening.Pada alam yang indah
Pada langit yang mempesona
Kau tunjukkan wajah-Mu
Dengan begitu Kau ajarkan keindahan
Dan rasa syukurKemarin Kau luapkan air bah
Kau muntahkan perut bumi
Kau sebarkan debu
Sesungguhnya Kau tengah mengajarkan cinta
Agar ada rasa kasih walau tak saling kenal
Dan kini untuk alasan yang sama kita bersama
Bersatu atas nama cintaKalimat demi kalimat dalam puisi tersebut sangat menginspirasi, mengajarkan kita untuk tetap bersyukur disela cobaan dan kesedihan yang kita hadapi.
Mengajarkan kita untuk berpikir positif, dan yakin dibalik semua…