Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2017

MERDEKA ITU PERLUKAH ?

Kalau suatu Negara belum mempunyai kekuasaan penuh dan kepercayaan penuh dari pihak rakyat, maka pemerintahan itu akan mudah saja di obrak – abrik dari luar ataupun dari dalam. Karena tak ada perindustrian bumi putra yang kuat buat tempat bersandarnya kaum intelegensia kita, maka mereka ini bimbang terus menerus diantara rakyat murba yang bersifat radikal dan berkuasa disini. Kepulauan jepang amat miskin dalam hal semua bahan yang penting buat industri modern. Tanah logamnya besi di ambil di malaka dan di angkut ke malaka dan diangkut ke jepang. Di sana tanah logam di lebur menjadi besi dan di tempa menjadi baja. Seterusnya di bikin menjadi mesin minyak tanah di beli dari luar negeri pula. Arang, timah , getah, makanan, dan lain-lainnya di datangkan dari dan mesti dibeli dari luar negeri. Buat pembeli jepang mesti menjual barang ialah hasil pabrik tetapi kalau sebentar saja terganggu pesawatnya atau transaksi  jual beli itu maka terganggulah pula seluruh perekonomian jepang.Kemerdekaa…

Eid Milad Nahdhatul Ulama yang ke 91 (31 Januari 1926 - 31 Januari 2017)

Eid milad Nahdhatul Ulama yang ke 91 (31 Januari 1926 - 31 Januari 2017). Semoga Nahdhatul Ulama berangsur kembali ke khittal awalnya, yaitu bersatu berjihad melawan Imperialisme, Feodalisme, dan Kapitalisme. Kita tidak boleh lupa bahwa, Hadratussyaikh K.H. Hasyim Asy'ari yg merupakan saudara seperguruan K.H. Ahmad Dahlan adalah pejuang yg sangat anti terhadap penindasan. Maka kita sebagai penerus mereka berdua, tidak boleh lupa tugas-tugas hari ini. Sudah bukan ranah kita lagi dalam membicarakan soal toleransi, kita sudah clear bersepakat soal itu. Namun, yg mesti kita lakukan adalah memberantas penindasan kultural atas nama Islam dan hegemoni ekstrimis yg menyeret kita pada konflik-konflik kekanak-kanakan. Bahwa kita mestinya tidak usah lagi mempermasalahkan akhirat yg belum pasti, kita mesti melancarkan pembelajaran dan sosialisasi ke masyarakat bahwa kita harus menciptakan surga di bumi. Karena pada dasarnya, tugas manusia sebagai khilafatul fil ardh' adalah mewarisi bumi …

Omong Ngawur

Suatu pagi di hari libur tahun baru imlek disela kesibukan salah seorang temanku menyelesaikan tugas-tugasnya di kantor desa."Dari 73 golongan yang ada, mungkin golongan yang masuk surga itu golongan punk, siapa tau aja kan?" ucap temanku.Kami bersenda gurau soal Tuhan dan agama Islam. Aku rasa tidak ada yang perlu dipersoalkan dengan pernyataan nyeleneh kita, toh aku pernah mendengar yang lebih parah dari beliau. Persoalannya adalah aku menemukan yang lain saat bersama beliau. Racun-racun kami minum bersama dan aku yang paling banyak minum. Mulai dari makan mie, minum coca-cola dan fanta, dan menyirup kopi asli dari Sumatera. Semua membuatku sakit perut.Hingga siang menjelang, aku berpikir bahwa ususku sudah bolong, namun hanya dengan seteguk air, hilang sudah sakit perutku. Aneh? Menurutku tidak, itu suatu konsekuensi alami dari reaksi kimia yg terjadi dalam perut. Tetapi bagaimana dengan seteguk air yang dibaca dengan kalimat basmalah? Hilang sudah laparku selama sehari.K…

Secangkir Motivasi Pagi

Suatu ketika di warung kopi dekat persawahan tanah kelahiranku. Ada pemandangan yang berbeda hari ini. Terlihat dua orang pelajar SMK yang sedang asik bercanda sambil sesekali menghisap dalam-dalam rokok ditangannya. Aku mencoba bergabung ditengah asyiknya candaan mereka. Hingga akhirnya ku buka percakapan dengan mereka. A: Ikut gabung yo bro..
B: Monggo mas..
A: sekolah dimana mas kog enaak tenan yahmene wes ngopi?
B: Bosen mas tiap hari berangkat sekolah, pulang sore, tugas numpuk.. kalo gag bolos yoo gag iso ngopi mas.
A: Lhoo mosok ngono?
B: Pemerintah iku nggawe aturan sak senenge dewe, jam sekolah ditambahi, isuk sampe sore dicekok i teori-teori, muleh isek disangoni tugas.. sampean bayangno dewe ae mas.. percuma gawe aturan koyok ngene malah gawe siswa ngelu goro-goro gag iso ngopi.. hahaha rasane utek mengkeret mas nak koyok ngene terus yoo angel siswa ne di kon iso ndwe prestasi..
A: loohh.. Menurut sampean berprestasi itu apa sih mas?
B: Berprestasi itu.. ya.. pinter, punya…

Catatan Harian : Ahmad Wahib [PERGOLAKAN PEMIKIRAN ISLAM]

Buku catatan hariannya ditemukan setelah ia wafat. Ia terus menulis dalam buku catatan itu,
meskipun tidak konstan, sejak pertama kali ia tiba di Yogya pada 1961. Catatan-catatanya itu bertambah detail dan serius pada sekitar 1966 dan, sejak akhir 1968, sedikit demi sedikit mengambil bentuk esai-esai pendek mengenai berbagai aspek kehidupan budaya, keagamaan dan politik di Indonesia. Buku catatan ini kemudian disunting kawan dekat dan koleganya di HMI, Djohan Effendi, yang bersamanya menyatakan keluar dari organisasi tersebut, pada hari yang sama dan dengan alasan-alasan yang juga sama.Catatan-catatan yang dipilih untuk diterbitkan itu kemudian dibagi-bagi ke dalam empat tema besar: “ Ikhtiar Menjawab Masalah Keagamaan”, “Meneropong Politik dan Budaya Tanah Air”, “Dari Dunia Kemahasiswaan dan Keilmuan” dan “Pribadi yang selalu gelisah”.-------
Terutama paling penting adalah catatan-catatan
Wahib tentang agama. Salah satu kunci gagasan-gagasan keagamaannya adalah seperti yang
ditulisny…

Syar'i: Label Brand Menarik Untuk Menghindari Dosa

Masa sekarang adalah masa dimana semua hal harus di-syar'i-kan. Ada hijab syar'i, bank syari'ah, hidup ala syari'ah Islami, sampai pakaian pun dilabelkan syar'i. Slogan terbaru masa kini ialah "biarpun syar'i, tetapi tetap kekinian dan modis". Jadi, mungkin nanti acara miss Indonesia pun akan berlabel syar'i. Ya, kita takut kiamat menjelang sehingga semua jadi serba syar'i. Atas ketentuan apa kita syar'i? Tentunya atas ketentuan agama, bukan atas ketentuan Tuhan! Memangnya agama bukan dari Tuhan? Syar'i masa kini ialah hasil dari kolaborasi teori ijtihad para ulama kekinian plus sunnah Rasullullah yg kekolot-kolotan. Inilah sunnah level globalisasi bro!Tak mau kalah bersaing dengan sekularisasi dan sekularisme ala western, yg eastern terus berupaya menciptakan moral dan norma kekinian hingga muncul lah statement, "untuk menghindari pengaruh barat, kita harus kembali ke Islam yg syar'i dan kaffah" atau statement, "we …

Ormas Ada Untuk Apa?

Ngeeeeeeeeeng!!!! Tin tinnnn, oke ane balik lagi udah lama ga ngongol nongol ya kan.. Sekarang ane mau berkicau tentang opini dan pendapat ane sendiri, terserah kalian pada stuju apa enggak.     Akhir akhir ini di negri yang kita cintai ini selalu ribut dengan ormas, terserah apapun nama ormas itu. Nah dari situ ane berfikir ormas ini ada buat apa sebenarnya buat apa?
     Apakah ormas ini sengaja di buat untuk golongan pihak tertentu agar loyalisnya terjaga? Ahh jika memang seperti itu sungguh gila manusia manusia di negri ini.

     Kenapa ane bisa berkata gila? Coba kalian bayangkan jika ternyata ormas memang bener bener di gunakan untuk memperkuat salah satu pihak apabila pihak tersebut dalam posisi terdesak, tertekan, terhimpit sampe konak ... Maka secara tidak langsung ormas ini akan menjadi senjata agar pihak itu bisa mengubah situasi dengan menggunakan pembelaan dari ormas yang telah di bina tersebut, hayo bener apa enggak?      Ormas sejati nya difungsi kan sebagai wada…

Malam Merindu

23:54 malam ini aku belum mampu beranjak dari tempat ini, dinginnya udara malam seakan menjadi candu. Berdiam disela hiruk pikuk kota ini memang tak pernah membuatku bosan. Sesekali ku pandangi muka-muka kosong pejalan kaki dan pengguna motor diantara semrawutnya jalanan kota malam ini.

Kemana mereka akan pergi?
Apa yang mereka lakukan selarut ini?

Ada yang masih terbangun untuk menangkan pikiran. Mungkin karena tugas kuliah, lilitan hutang atau masalah lain dalam episode hidup mereka.

Ada yang masih bangun untuk pulang. Pulang ke rumah mereka, pulang kepada keluarga mereka, atau pulang ke sepasang lengan seseorang yang mereka cintai.

Ada yang masih terbangun untuk mencari kesenangan. Datang kesebuah tempat berlampu remang dengan barisan botol minuman didepannya bersama alunan musik yang memekakkan telinga.

Ada yang masih bangun untuk bekerja. Entah karena deadline sudah satu jam lagi, bertemu dengan klien,  mengumpulkan sampah, ataupun memainkan gitar disepanjang barisan pedaga…